Profile / Sejarah

A.       SELAYANG PANDANG

Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Al-Quran Cijantung Kabupaten Ciamis – Jawa Barat didirikan pada tahun 1935, sepuluh tahun menjelang NKRI diproklamirkan kemerdekaannya. Pendiri dan perintisnya adalah KH. Mochammad Sirodj (Babah) putera pertama dari KH. Hayat dan Hj. Fatmah, yang lahir pada tahun 1910.

Berawal dari sebidang tanah wakaf dari KH. Idris, kakek dari garis ibu, yang terletak di dusun Cijantung, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, KHM. Sirodj mulai merintis dan mendirikan pondokan sederhana serta sebuah mushola sederhana pula. Berbekal ilmu yang beliau dapatkan dari beberapa ulama/ajengan pesantren yang disinggahinya antara lain; Pesantren Kiara Bandung-Banjarsari Ciamis, Pesantren Cikalang-Tasikmalaya, Pesantren Cikancung-Bandung, serta selama Tujuh tahun belajar Qira’at al-Quran kepada beberapa Syeikh di Makkah Almukarramah - Arab Saudi, khususnya kepada Syeikh Ibrahim Al-Ghomrowi seorang ulama ahli qura’ yang sangat terkenal, di tempat yang sederhana ini beliau siang dan malam melakukan jihad dalam rangka menyebarkan syiar agama Islam. Kepada para santri yang datang dari berbagai daerah, beliau ajarkan pengetahuan tentang dasar-dasar Islam dan terutama pengetahuan dan pemahaman tentang qira’at al-Quran, bagaimana cara membaca (termasuk menulis) al-Quran dengan benar, fasih dan tartil sesuai kaidah ilmu tajwid.

MTs Harapan Baru merupakan pengembangan dari MTs Al-Islam (1986-2010) yang sejak tahun 2010 berubah nama menjadi Harapan Baru, hal ini sejalan dengan berbagai pembaharuan kelembagaan yang dilakukan untuk menjadi madrasah model unggulan.

MTs Harapan Baru memiliki program unggulan yang diterapkan pada :

1.    BIDANG KEPESANTRENAN DIANTARANYA :

a.  Tahsin Al- Qur’an;

b.  Tahfidz Al- Qur’an;

c. Penguatan Bahasa arab dengan menitikberatkan pada terjemahan Al-Qur’an dengan metodeTamyiz;

MTs Harapan Baru berkomitmen kuat memberikan yang terbaik bagi siapapun yang percaya bahwa madrasah berbasis pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang paling strategis dalam melahirkan generasi muslim yang berkualitas secara lahir dan batin sehingga mampu mengurangi dinamika modern yang makin penuh tantangan.


Guru Hari Ini

Gallery Terbaru